Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri Prodi Teknik Industri UIN SUSKA Riau 2022

A. Latar Belakang
Seperti di tahun – tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kini kembali membuka pendaftaran program beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri 2022 yang diperuntukkan khusus bagi kalangan mahasiswa S1 dan D4 asal Riau. Tahun ini juga program beasiswa tersebut rencananya akan kembali disalurkan ke sejumlah perguruan tinggi di Riau, termasuk di antaranya adalah UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Sebagaimana diketahui, Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri adalah program bantuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemprov Riau bagi mahasiswa yang berasal dari Riau. Beasiswa ini juga diperuntukkan khusus bagi mahasiswa berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, serta berasal dari keluarga dengan keterbatasan finansial. Dalam program tersebut, para penerima beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri nantinya akan mendapatkan berbagai manfaat seperti pembebasan biaya studi hingga bantuan biaya hidup selama periode tersebut.
Bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dalam administrasi dan pemberkasan dalam program Beasiswa tersebut, selanjutnya akan dilakukan proses wawancara yang dilakukan oleh ketua program studi guna untuk memastikan kesesuaian antara dokumen yang diajukan oleh caloan penerima beasiswa dengan keterangan yang diperoleh secara langsung. Selain itu, kegiatan wawancara ini dilakukan agar lebih sarasaran sesuai misi dari pemerintah untuk memabnatu masyarakat riau yang memiliki prestasi dan kekurangan dari segi finansial.

B. Tujuan
Tujuan dilakukan wawancara terhadap calon penerima beasiswa bidikmisi bhakti negeri antara lain:
1. Menyesuaikan antara berkas calon mahasiswa yang diusulkan dengan keterangan yang disampaikan secara langsung.
2. Menghindari adanya intervensi dari pihak lain dan lebih transparansi.
3. Memastikan kelayakan seorang calon penerima beasiswa dengan merujuk ketentuan kriteri yang telah ditentukan oleh pemerintah dan pimpinan UIN sultan Syarif Kasim Riau

C. Jadwal Pelaksanaan Wawancara

Berdasarkan surat edaran dari Rektor UIN Sultan Syarif Kasim No. 61/Un.04/R/09/2022 tentang penyampaian nama calaon penerima beasiswa Bidikmisi Bhakti yang lulus berkas, bahwa jadwal proses wawancara dilaksanakan secara serentak pada tanggal 28 September 2022 dan pengumuman hasil akhir akan diumumkan pada tanggal 03 Oktober 2022.

D. Proses Wawancara

Proses wawancara dilakukan secara tertutup dengan memberikan pertanyaan dan penilaian berdasarkan instrumen yang telah ditetapkan dan disusun oleh pimpinan, dengan demikian, hasil penilaian akan sangat objektif berdasarkan kesesuaian antara dokumen dengan keterangan yang disampaikan oleh calaon penerima beasiswa.
Berikut Foto Dokumentasi Proses Wawancara kepada calaon penerima beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri 2022.