There's no BEST way, but there're BETTER ways
teknik.industri@uin-suska.ac.id +62-852-7212-5004
Portal UIN

Capaian Pembelajaran Lulusan

Kurikulum Teknik Industri 2020 – 2025 mengacu ke dua buah CP yaitu CP IABEE dan CP SN DIKTI dan KKNI. CP IABEE ditunjukkan pada Tabel berikut.

Tabel Capaian pembelajaran (CP) Program Studi Teknik Industri

CP1

Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh dari prinsip-prinsip keteknik industrian.

An ability to apply knowledge of mathematics, natural and/or material sciences, information technology, and engineering to acquire comprehensive understanding of engineering principles.

CP2

Kemampuan untuk merancang sistem terintegrasi dengan memenuhi standar yang diperlukan dan berbagai batasan multi aspek yang realistis (misal: teknis, aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan) serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dan mengidentifikasi dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan pandangan global di bidang teknik industri.

An ability to design integrated systems to meet desired needs which fulfill the required standard and within realistic constraints in such aspects as technical, law, economic, environment, social, politics, health and safety, sustainability, as well as, to involve respective stakeholders, to recognize and/or utilize the potential local and national resources with global perspective in industrial engineering.

CP3

Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan dan menganalisis dan menerjemahkan data untuk mendukung proses pengambilan keputusan keteknik industrian.

An ability to design and conduct laboratory and/or field experiments as well as to analyze and interpret data to support decision-making processes in industrial engineering.

CP4

Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan kompleks di bidang teknik industri.

An ability to identify, formulate, analyze, and solve complex engineering problems in industrial engineering.

CP5

Kemampuan untuk menerapkan metode, keterampilan, dan peralatan teknik modern yang diperlukan dalam praktik keteknik industrian.

An ability to apply methods, skills, and modern engineering tools necessary for industrial engineering practices.

CP6

Kemampuan untuk berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif.

An ability to communicate effectively orally and in writing.

Cp7

Kemampuan untuk merencanakan, menyelesaikan, dan mengevaluasi tugas dengan memperhatikan batasan yang diberikan.

An ability to plan, accomplish, and evaluate tasks under given constraints.

CP8

Kemampuan untuk bekerja dalam tim multidisiplin dan multibudaya.

An ability to work in a multidisciplinary and multicultural team.

CP9

Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat, akuntabel, dan menjalankan etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknik industrian.

An ability to be accountable and responsible to the society and adhere to professional ethics in solving industrial engineering problems.

CP10

Kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan yang relevan dari isu-isu terkini.

An ability to engage in life-long learning, including access to the relevant knowledge of contemporary issues.

 

Sementara CP berdasarkan SN Dikti dan CP KKNI ditunjukkan pada Tabel Capain Pembelajaran Sikap

A. Capaian Pembelajaran Sikap (S)

Tabel Capaian Pembelajaran Sikap (S)

S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

B. Capaian Pembelajaran Ketrampilan Umum (KU)

Tabel Capaian Pembelajaran Ketrampilan Umum (KU)

KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2 Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tingg
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5 ampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan sepervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

C. Capaian Pembelajaran Ketrampilan Khusus (KK)

Tabel Capaian Pembelajaran Ketrampilan Khusus (KK)

KK1 Mampu menerapkan konsep integrasi keislaman dalam teoritis matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, & informasi).
KK2 Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental.
KK3 Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan keislaman dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesis informasi untuk memberikan solusi
KK4 Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, sosial dan lingkungan (environmental) yang didasari kultur dan nilai-nilai keislaman
KK5 Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, serta kultural dan nilai-nilai keislaman.
KK6 Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa.

 

D. Capaian Pembelajaran Pengetahuan (P)

Tabel Capaian Pembelajaran Pengetahuan (P)

P1 Menguasai konsep integrasi keislaman dalam teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi.
P2 Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem dan nilai-nilai keislaman
P3 Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum tanpa meninggalkan prinsip-prinsip ajaran Islam
P4 Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini sebagai media syiar nilai-nilai keislaman.
P5 Mampu melakukan komunikasi baik secara tertulis maupun lisan yang efektif
P6 Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etika keprofesian yang berlandaskan nilai nilai keislaman
P7 Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup yang berlandaskan prinsip islam
P8 Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja dengan menerapkan nilai islam

Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Industri UIN Sultan Syarif Kasim Riau mempunyai Kesesuaian dengan Kriteria IABEE untuk bidang keteknikan. Matrik hubungan kesesuaian antara Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Industri UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan sub-kriteria  1.3 butir (a) sampa (j) yang telah ditetapkan oleh IABEE yang berkesesuaian dengan Panduan Kurikulum yang telah disusun oleh BKSTI Pusat disajikan dalam tabel Matrik hubungan kesesuaian antara Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Industri.

Tabel Matrik hubungan kesesuaian antara Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Industri

Pengetahuan/   keterampilan/sikap

pada Sub-Kriteria 1.3

 

 

Capaian Pembelajaran Program Studi

(a) (b) (c) (d) (e) (f) (g) (h) (i) (j)
(CP-1) KU
(CP-2) KU KU KU
(CP-3) KU KU KU
(CP-4) KU
(CP-5) KU
(CP-6) KU KU KU KU
(CP-7) KU S S S
(CP-8) KU, S KU KU
(CP-9) S S S S S KU, S S S
(CP-10) KU S

 

Tabel  Hubungan Keterkaitan Capaian

Pembelajaran dengan Profil Profesional Mandiri

Capaian

Pembelajaran

Profil Profesi Mandiri
1 2 3
CP-1
CP-2
CP-3
CP-4
CP-5
CP-6
CP-7
CP-8
CP-9
CP-10