KULIAH UMUM FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUSKA RIAU

TEMA KULIAH UMUM: Supply Chain Sustainability Using Data Science Learning

Selasa 14/03/2022 Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau kembali menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema Supply Chain Sustainability Using Data Science Learning. Kuliah umum tersebut menghadirkan dua narasumber yang beralatar belakang akademisi dan praktisi. Dua narasumber tersebut, yakni Dr. Muhammad Asrol, STP., M.SI., yang merupakan  dosen Teknik Industri dari Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta dan Ade Buandra, ST., M.Si., Senior Vice President Logistic PT. Inalum Persero. Kegiatan tersebut terbuka bagi seluruh sivitas akademika FST UIN Suska Riau yang diselenggarakan secara hybrid. Sebagian mahasiswa mengikuti secara daring dan lainnya mengikuti secara luring di lantai 5 Rektorat UIN Suska Riau.

Dekan FST UIN Suska Riau, Dr. Hartono, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kuliah Umum FST dilakukan setiap semester dalam upaya mendekatkan FST ke dunia industri dengan tujuan supaya lulusan FST memiliki gambaran tentang dunia kerja langsung dari pelaku industri. Selain itu, dalam sambutannya Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Hairunas, M.Ag. mengharapkan dari kuliah umum muncul berbagai inspirasi dan memperkenalkan perkembangan pemanfatan data science kepada sivitas akademika UIN Suska Riau.

Dalam pemaparannya, Dr. Muhammad Asrol, STP., M.Si. membahas tentang perkembangan data science, artificial intelligence dan big data dalam aplikasinya di industri, terutama manufaktur, jasa, dan pertanian. Lebih lanjut, beliau menjelaskan pemanfaatan teknologi terkait sustainable supply chain modeling menggunakan data science. Perkembangan riset dalam bidang sustainable supply chain dari tahun ke tahun meningkat siginifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa bidang supply chain berkembang pesat pada era revolusi industri 4.0.

Sementara, Ade Buandra, ST., M.Si. dari PT. INALUM narasumber dari parktisi memaparkan proses mengolah aluminium menjadi produk di PT. Inalum Persero. Produk akhir dari PT. Inalum terdiri dari tiga kategori yaitu aluminum ingot, aluminium alloy, dan aluminium billet. Ade Buandra juga mengutarakan dampak Covid-19 dan invasi Rusia ke Ukraina terhadap produksi PT. Inalum terkait global shipping and logistic. “Kondisi tersebut membuat PT. Inalum harus mencari strategi dalam mempertahankan keberlangsungan produksinya,” tegas pak Buandra.

Disela-sela antusias diskusi antara peserta kuliah umum, juga dibahas kegiatan MBKM yang merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Namun sampai saat ini, kebijakan PT. Inalum belum melaksanakan program MBKM hingga tercapai kesepakatan antara Menteri BUMN dan Mendikbud Ristek.

Anwardi.

Suasana Kuliah Umum di Lantai 5 Rektorat UIN Suska Riau

REKTOR UIN SUSKA RIAU Prof. Dr. Hairunas, M.Ag menyampaikan sambutannya.

DEKAN FAKULTAS SIANS DAN TEKNOLOGI Dr. Hartono, M.Pd Menyampaiakan Sambutannya

Ketua Panitia Kuliah Umum FST Kaprodi Teknik Industri Misra Hartati,ST.,MT.

About Teknik Industri

Check Also

Kaluarga Industri Berbagi & Aksi Sosial

Salah satu bentuk kegiatan Alumni Teknik Industri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau adalah …

© Copyright %year%, FST Website Center