Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Teknik Industri UIN Suska Riau

Pengabdian

Sivitas akademik Prodi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau kembali melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat, menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) bahwa cakupan Pengabdian Masyarakat adalah kegiatan yang berorientasi pada pelayanan masyarakat dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni terutama dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dan memajukan kesejahteraan bangsa.

Kemudian dikuatkan kembali melalui Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dalam Bab I Ketentuan Umum pada pasal 1 dinyatakan bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi adalah satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Nasional Penelitian, dan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.

Tema Kegiatan Pengabdian yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Industri UIN Suska Riau adalah BUDIDAYA MAGGOT DAN PEMBUATAN PELLET MAGGOT SEBAGAI ALTERNATIF PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK. Kegiatan ini di sambut baik oleh Kepala Desa Kualu Nenas (Bapak Idrus Maarif) serta warganya. Antusias warga untuk mengikuti dan mengetahui cara budidaya dan pengolahan maggot menjadi pellet ikan sangat tinggi, karena maggot mengandung proteni sekitar 40-45%, dan ini mengalahkan kandungan prostein pellet yang dijual di pasar. Untuk itu, masyarakat sangat tertarik dengan kegiatan pengabdian untuk dilakukan secara sustainable hingga dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian warga Desa Kualu Nenas.

Kegiatan ini merupakan hibah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Ketua pengabdi dalam kegiatan ini adalah Bapak H. Ekie Gilang Permata, ST., M.Sc (Alm) dan Ibu Nofirza, ST., M.Sc, dan di dampingi oleh Bapak Ismu Kusumanto, ST., MT., Anwardi, ST., MT., Harpito, ST., MT., Misra Hartati, ST., MT., serta tim mahasiswa (Rahmat, Aprizon, Fahri dan Afdhul Ali)

Pemaparan materi dan praktek pembuatan pellet yang di sampaikan oleh TIM Pengabdi disampaikan sangat detil, begitu juga mesin pencetak pellet yang dirancang dan dibuat di LAB Prodi Teknik Industri UIN Sultan Syarif Kasim Riau dipaparkan secara jelas terkait semua komponen hingga proses Assembly.

Besar harapan masyarakat Desa Kualu Nenas agar kegiatan seperti ini lebih digalakkan oleh kaum intelektual kampus agar kemanfaatan keberadaan Perguruan Tinggi yang ada di sekitar dapat menjadi motor kemajuan perekonomian. Hal ini sejalan dengan kriteria Standar hasil pengabdian kepada masyarakat, yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam menerapkan, mengamalkan, dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemaparan Materi

Pemaparan Materi Oleh Ibu Nofirza, ST., M.Sc

Tanya Jawab

Tanya Jawab Oleh Peserta

Proses Pencetakan Pellet

Proses Pencetakan Pellet Ikan Berbahan Dasar Maggot Menggunakan Mesin Buatan TIM Pengabdi

 

By: ANWKing
https://www.youtube.com/channel/UCGdgZnIs7JgOGeoPyTmbvZQ